Senin, 18 September 2017
Peningkatan Kompetensi SDM Aparatur
PENINGKATAN KOMPETENSI SDM APARATUR
1. PENDIDIKAN DAN PELATIHAN
Pengembangan SDM melelui pendidikan bertujuan meningkatkan kemampuan kerja, dalam arti pengembangan bersipat formal dan berkaitan dengan karier.
adapun pelatiahn bertujuan mengembangkan individu dalam bentuk peningkatan keterampilan, pengetahuan, dan sikap.
2. PEMBINAAN
Pembinaan bertujuan mengatur dan membina manusia sebagai subsistem organisasi melalui program-program perencana dan penilaian, seperti man fower planning, performance apparasial, job analitytic, job clasification.
3. PENGEMBANGAN KARAKTER INDIVIDU
Pembentukan karakter SDM menjadi vital dan tidak ada pilihan lagi untuk mewujudkan Indonesia Baru, yaitu Indonesia yang dapat menghadapi tantangan regional dan global serta bersih dari KKN ( Korupsi, Kolusi dan Nepotisme ).
dengan mental yang kuat dan bersih diharapkan ASN yang profesional dan berintegritas dapat tercapai.
Beberapa upaya untuk mengembangkan karakter pegawai diantaranya melalui team building, motivasi untuk peningkatan prestasi, mind setting, komunikasi yang efektif, dan hubungan interpersonal.
4. PENERAPAN SISTEM ORGANISASI YANG MODERN
Teori organisasi modern menegmukakan bahwa organisasi bukanlah sustu sistem tertutup yang berkaitan dengan lingkungan stabil. Akan tetapi, organisasi adalah suatu sistem terbuka yang harus dapat menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahann lingkungannya, termaksuk perkembangan teknologi.
Penerapan sistem organisasi yang modern diantaranya sbb :
a. Pengembangan otomasi perkantoran,
yaitu dengan penerapan sistem berbasis IT diberbagai infrastruktur untuk mengefisienkan serta mempercepat proses birokrasi dan administrasi. Dengan kata lain , mampu untuk memanfaatkan teknologi dan sedikit mungkin bekerja secara manual. Dengan adanya automasi kantor diharapkan disiplin pegawai dapat meningkat, mempercepat proses birokrasi, dan mengefesienkan proses kerja.
b. Pelatiahan dan Lokakarya,
Pelatihan ( training ) dan lokakarya ( workshop ) merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas SDM dalam mengimplementasikan seluruh sistem dan teknologi yang telah dibangun.
Beberapa ciri organisasi modern yaitu :
- Organisasi bertambah besar;
- Pengolahan data semakin cepat'
- Penggunaan staf lebih intensif;
- Kecendengan spesialisasi; dan,
- Memiliki prinsip-prinsip organisasi;
c. Manajemen Perubahan ( change management),
Yaitu salah satunya dengan mengembangkan budaya kerja yang modern serta pemanfaatan teknologi terkini dalam setiap proses kerja.
Komponen yang harus ada di dalam Change Management adalah :
- Motivating Change : mendorong kesiapan untuk berubah dan mengatasi setiap penolakan terhadapnya.
- Creating a Vision : merumuskan arah perubahan yang diharapkan.
- Developing Political Support : mempersiapkan para agen pengubah ( change agent ) , termasuk informal leader.
- Managing the Transition : menyusun rencana aktifitas , membangun komitmen dan struktur komite.
- Sustaining Momentum : mempersiapkan infrastruktur perubahan, membangun sistem pendukung bagi para agen pengubah, membangun kompetensi dan keahlian baru, serta mengapresiasi kemajuan sekecil apapun.
Sangatta, 20170917
sumber : BKN.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar